MEMBUAT DESIGN SENJATA SS2 MENGGUNAKAN 3DS MAX DENGAN V-RAY
1. Tujuan : Agar bintara siswa mampu mempraktekkan aplikasi 3ds Max
2. Alat dan Bahan :
a. Laptop;
b. Aplikasi 3DS MAX.
c. Aplikasi V-Ray
c. Aplikasi V-Ray
3. Dasar teori :
Pengertian 3D Studio Max
3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Studio Max dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio for DOS, tetapi untuk platform Win32.
Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Yang sampai saat penulis membuat artikel ini yang terbaru adalah 3D Studio Max versi 9. Para desain grafis banyak menggunakan software ini digunakan untuk membuat sebuah film animasi, arsitektur rumah, ataupun membuat logo suatu perusahaan.
Untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar mendapat kenyamanan saat menggunakannya. Karena banyak proses yang membutuhkan grafik yang tinggi untuk melakukan rendering dan sebagainya.
Kegunaan 3D Studio Max
Digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga dimensi.
Beberapa fungsi serta kegunaan lainnya yaitu diantaranya :
- Architecture Design
- Interior Design
- Landscape Design
- Cartoon Design
- Logo Design
- Stage Design
- Stand Design
- Game Design
- Furniture Design
Fitur software 3D Studio Max
Fitur-fitur yang bisa kita peroleh dari software 3ds max :
- Fitur Model Organic dan Unorganic.
- Fitur Biped dan Bone ( Rangka ).
- Fitur Texture Real dan Texture Cartoon.
- Fitur Membuat Bulu, Rambut, Rumput dan Sebagainya.
- Fitur Membuat Kain dan Baju.
- Fitur Objek Liquid
- Fitur Cahaya Realistic.
- Fitur Animasi Dynamic.
Kelebihan dan kekurangan 3D Studio Max:
Kelebihan 3D Studio Max
Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan. Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah. Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting. Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.
Kekurangan 3D Studio Max
3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.
3d Visual rendering yaitu suatu proses yang menggunakan sofware 3 Dimensi dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg,tiff, dll, dan selain itu menghasilkan model yang harus di buat dalam langkah awal sebelum menjadi gambar.
Model yang dipergunakan adalah dari objek 2dimensi yang di olah menjadi 3dimensi, dan langkah awal pembuatan dengan menggunakan ukuran yang pasti seperti ukuran aslinya, dan akan menghasilkan model yang menyerupai bentuk aslinya.
Tekstur yang dipergunakan adalah gambar yang dibuat atau diambil dengan permukaan atau poligon dimana tempat material dan tekstur tersebut berada, lalu arah kamera atau sudut pandang yang digunakan adalah arah mana objek tersebut dilihat ( view ), serta cahaya yang digunakan pada model 3 Dimensi dan area sekitarnya. Dengan demikian, Rendering melibatkan semua aspek yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang realistis berdasarkan semua informasi yang membentuk model dan lingkungan sekitar model 3 Dimensi tersebut.
Gambar yang dibuat melalui proses rendering adalah gambar 3d visual untuk presentasi, gambar yang sama dengan yang biasa kita lihat sehari-hari pada desktop komputer atau wallpaper.Gambar digital tersebut dibuat melalui proses rendering digital sebagai langkah besar terakhir sebelum disusun menjadi animas pada komputer. Animasi sebagai tujuan akhir yang digunakan dalam film, permainan komputer, presentasi kerjaan, untuk efek khusus di televisi. Masing-masing menggunakan proses rendering digital yang menggunakan fitur dan teknik berbeda untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Render digital tersedia dalam berbagai kemampuan, tergantung pada alat dan perangkat lunak yang digunakan.
dan ada beberapa sofware yang di gunakan yang benrmacam macam, serta fungsi dan kinerja yang berbeda beda, ada beberapa contoh sofware yang digunakan adalah : 3dmax , blender, sketup, maya, dll.
Beberapa perangkat lunak render digital diintegrasikan ke dalam paket pemodelan dan animasi yang jauh lebih besar, sedangkan perangkat lunak render digital lainnya dirancang sebagai produk yang berdiri sendiri. Terlepas dari kemampuan dan penggunakan perangkat lunak render digital yang tepat, semua paket tersebut secara hati-hati direkayasa ke dalam program. Perangkat lunak tersebut membutuhkan integrasi dari sejumlah disiplin ilmu, termasuk matematika, fisika cahaya, pengembangan perangkat lunak, dan persepsi visual.
Ketika rendering digital digunakan dalam pembuatan film tiga dimensi, proses ini seringkali menjadi cukupmemakan waktu karena memerlukan poses,rendering atau rendering real-time.rendering biasanya digunakan pada saat membuat film animasi, sedangkan rendering real-time digunakan untuk membuat video game tiga dimensi yang menggunakan kartu grafis khusus dengan akselerator tiga dimensi.
Gambar yang dibuat dengan rendering digital diidentifikasi melalui berbagai fitur yang dapat diubah seperlunya. Fitur-fitur ini meliputi:
dan disini saya hanya akan membahas tetntang 3d untuk presentasi, yang akan menggunakan sofware 3dmax dan vray, serta untuk hasil akghir menggunakan photoshop.
ada beberpa contoh yang pernah saya buat , dalam penggunaan sofware 3dmax
exterior menggunakan 3dmax- vray-photoshop
interior menggunakan 3dmax-vray-photoshop
proses awal pembikinan sama mulai dari 3d atau langsung ke 3d, dengan langkah awal pemodelan , lalu texture, setelah itu pencahayaan, setelah itu memasukan barang atau penunjang untuk suasana.
setelah selesai baru proses rendering, dan setlah rendeing hasil jpg atau tiff, masuk ke photoshop, untuk photoretuch.
4. Langkah Langkah Percobaan.
a. Penyiapan alat dan komponen yang digunakan untuk percobaan;
b. Gunakan laptop ataupun Pc untuk membuat program menggunakan 3DS MAX;
c. Instal aplikasih v-ray.
c. Instal aplikasih v-ray.
c. Setelah selesai save project dan upload di blog yang telah di buat.
HASIL PENGGUNAAN EFEK VRAY DAN OMNI PADA MODUL SENJATA SS2 :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar